Sabtu, 01 Juni 2013

CONTOH PROPOSAL PENELITIAN

PENGARUH PROMOSI PENJUALAN BERUPA TRADE PROMO (TARGET VOLUME PENJUALAN SELECTIVE OUTLET GROSIR PARRETO) DAN CONSUMER PROMO (SAMPLING) TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK ENERGEN CEREAL DI DAERAH TANGERANG

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Pada dasarnya tujuan umum suatu perusahaan adalah untuk memaksimumkan nilai perusahaan. Dan untuk mencapai tujuan tersebut, maka perusahaan harus mampu untuk menghadapi para pesaing dan perusahaan-perusahaan sejenis yang semakin banyak bermunculan dewasa ini. Tentunya untuk mengatasi persaingan tersebut maka perusahaan memerlukan kegiatan pemasaran yang efektif dan optimal.
Pemasaran bagi perusahaan adalah sebuah sarana dalam hal pengambilan keputusan yang berhubungan dengan kegiatan pemindahan barang dan jasa dari produsen ke konsumen, namun tidak semua masalah pemasaran hanya sekedar kegiatan menjual barang dan jasa saja, melainkan  lebih luas dari pada itu, yaitu meliputi apa yang disebut dengan marketing mix (bauran pemasaran) yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi).
Salah satu kegiatan pemasaran yang cukup efektif dan efisien adalah promosi. Menurut Freddy Rangkuti (50:2009), promosi adalah kegiatan penjualan dan pemasaran dalam rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap produk, jasa, dan ide dari perusahaan dengan cara mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk dan jasa yang dihasilkan oelh perusahaan.
Promosi merupakan salah satu faktor yang sangat penting, karena promosi dapat mempengaruhi secara langsung terhadap kelancaran maupun keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu kelancaran maupun keberhasilan suatu perusahaan sangat tergantung pada manajemen didalam membuat rencana kegiatan promosi yang akan datang, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Dengan adanya promosi yang terencana, maka perusahaan dapat mendekati pembeli atau calon konsumen agar mau membeli produk yang mereka tawarkan. Disamping itu promosi erat kaitannya dengan kelangsungan hidup suatu perusahaan yang melakukannya.
Promosi yang berhasil sebenernya tidak hanya mampu meningkatkan hasil penjualan semata-mata, akan tetapi dapat memberikan keuntungan-keuntungan lain seperti : nama perusahaan akan dikenal oleh masyarakat dan hasil produksinya dapat meningkatkan efisiensi penggunaan modal kerja, memperkecil piutang , dan lain-lain. Dan sebaliknya jika strategi promosinya tidak berhasil, maka  dapat menyebabkan kenaikan biaya per unit, keuntungan yang diperoleh dalam tiap unit menurun sehingga dengan sendirinya penghasilan perbulan pun ikut menurun.
Maka dari itu promosi memegang peranan penting dalam mencapai tujuan perusahaan terutama dalam mendapatkan keuntungan maksimal dengan biaya terkecil. Promosi merupakan kegiatan pokok yang dilakukan pengusaha untuk kelangsungan hidup perusahaan yang selanjutnya berkembang dan mencapai hasil penjualan yang diinginkan.
Penulisan ini dibuat berdasarkan pengamatan penulis lakukan terutama berkaitan dengan makanan cereal salah satunya adalah makanan energen cereal. Dari hasil pengamatan tersebut dapat diketahui bahwa rata-rata dari sebagian orang mengkonsumsi makanan energen cereal dengan berbagai alasan, diantaranya adalah sebagai makanan yang praktis dan enak untuk mengganjal disaat lapar disela-sela waktu makan. Energen cereal mengandung nutrisi 4 sehat 5 sempurna yaitu karbohidrat, vitamin, serat, vitamin, protein dan susu. Energen cereal memiliki berbagai macam rasa seperti : rasa coklat, rasa vanilla, rasa kacang ijo dan rasa jahe.  Kandungan dalam energen cereal adalah : seluruh nutrisi essential atau gizi utama yang dibutuhkan tubuh, susu full cream dengan segala manfaat dan nutrisi susu yang baik untuk pertumbuhan anak dan kesehatan, gandum pilihan yang berkualitas yang memberikan energi, sereal yang mengandung serat, gizi dan energi serta kacang hijau alami yang memiliki banyak nutrisi (vitamin B kompleks, serat, vitamin E). Disini penulis melihat bahwa ini memiliki relevansi dengan promosi terutama dikaitkan dengan penjualan produk energen cereal.
Dengan adanya fakta-fakta tersebut maka produk energen cereal yang diproduksi PT Mayora Indah sebaiknya perlu membuat strategi-strategi baru guna mencapai sasaran konsumen, salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan kegiatan promosi.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis mencoba untuk mengangkat tema promosi sebagai bahan penulisan dalam skripsi ini dengan judul “PENGARUH PROMOSI PENJUALAN BERUPA TRADE PROMO (TARGET VOLUME PENJUALAN SELECTIVE OUTLET GROSIR PARRETO) DAN CONSUMER PROMO (SAMPLING) TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK ENERGEN CEREAL DI DAERAH TANGERANG.”



Rumusan Masalah
            Berdasarkan dengan latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah : “Apakah ada pengaruh antara pengaruh promosi penjualan berupa trade promo dan consumer promo terhadap peningkatan penjualan produk energen cereal di daerah Tangerang?”

Batasan Masalah
            Pada penelitian ini peneliti hanya membahas masalah pada biaya biaya promosi berupa trade promo dan consumer promo yang dikeluarkan dan pengaruhnya serta hubungannya terhadap hasil penjualan produk energen cereal yang berlokasi di Tangerang. Dan karena keterbatasan dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan biaya promosi dan penjualan pada

Tujuan Penelitian
            Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh biaya promosi : trade promo dan consumer promo terhadap hasil penjualan produk energen cereal.

Hipotesis Penelitian
            Dari perumusan masalah, maka dapat dirumuskan hipotesis dalam penulisan skripsi ini adalah: “dengan dilakukannya program target volume selective outlet grosir parreto dan sampling berpengaruh terhadap hasil penjualan perusahaan.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar