PENGARUH PROMOSI PENJUALAN BERUPA TRADE PROMO (TARGET VOLUME PENJUALAN
SELECTIVE OUTLET GROSIR PARRETO) DAN CONSUMER PROMO (SAMPLING) TERHADAP
PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK ENERGEN CEREAL DI DAERAH TANGERANG
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pada dasarnya
tujuan umum suatu perusahaan adalah untuk memaksimumkan nilai perusahaan. Dan
untuk mencapai tujuan tersebut, maka perusahaan harus mampu untuk menghadapi
para pesaing dan perusahaan-perusahaan sejenis yang semakin banyak bermunculan
dewasa ini. Tentunya untuk mengatasi persaingan tersebut maka perusahaan
memerlukan kegiatan pemasaran yang efektif dan optimal.
Pemasaran bagi
perusahaan adalah sebuah sarana dalam hal pengambilan keputusan yang
berhubungan dengan kegiatan pemindahan barang dan jasa dari produsen ke
konsumen, namun tidak semua masalah pemasaran hanya sekedar kegiatan menjual
barang dan jasa saja, melainkan lebih
luas dari pada itu, yaitu meliputi apa yang disebut dengan marketing mix
(bauran pemasaran) yang terdiri dari product (produk), price (harga), place
(tempat) dan promotion (promosi).
Salah satu
kegiatan pemasaran yang cukup efektif dan efisien adalah promosi. Menurut
Freddy Rangkuti (50:2009), promosi adalah kegiatan penjualan dan pemasaran
dalam rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap produk, jasa,
dan ide dari perusahaan dengan cara mempengaruhi konsumen agar mau membeli
produk dan jasa yang dihasilkan oelh perusahaan.
Promosi
merupakan salah satu faktor yang sangat penting, karena promosi dapat
mempengaruhi secara langsung terhadap kelancaran maupun keberhasilan perusahaan
dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu kelancaran maupun keberhasilan suatu
perusahaan sangat tergantung pada manajemen didalam membuat rencana kegiatan
promosi yang akan datang, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Dengan adanya
promosi yang terencana, maka perusahaan dapat mendekati pembeli atau calon
konsumen agar mau membeli produk yang mereka tawarkan. Disamping itu promosi
erat kaitannya dengan kelangsungan hidup suatu perusahaan yang melakukannya.
Promosi yang
berhasil sebenernya tidak hanya mampu meningkatkan hasil penjualan semata-mata,
akan tetapi dapat memberikan keuntungan-keuntungan lain seperti : nama
perusahaan akan dikenal oleh masyarakat dan hasil produksinya dapat
meningkatkan efisiensi penggunaan modal kerja, memperkecil piutang , dan
lain-lain. Dan sebaliknya jika strategi promosinya tidak berhasil, maka dapat menyebabkan kenaikan biaya per unit,
keuntungan yang diperoleh dalam tiap unit menurun sehingga dengan sendirinya
penghasilan perbulan pun ikut menurun.
Maka dari itu
promosi memegang peranan penting dalam mencapai tujuan perusahaan terutama
dalam mendapatkan keuntungan maksimal dengan biaya terkecil. Promosi merupakan
kegiatan pokok yang dilakukan pengusaha untuk kelangsungan hidup perusahaan
yang selanjutnya berkembang dan mencapai hasil penjualan yang diinginkan.
Penulisan ini
dibuat berdasarkan pengamatan penulis lakukan terutama berkaitan dengan makanan
cereal salah satunya adalah makanan energen cereal. Dari hasil pengamatan
tersebut dapat diketahui bahwa rata-rata dari sebagian orang mengkonsumsi
makanan energen cereal dengan berbagai alasan, diantaranya adalah sebagai makanan
yang praktis dan enak untuk mengganjal disaat lapar disela-sela waktu makan.
Energen cereal mengandung nutrisi 4 sehat 5 sempurna yaitu karbohidrat,
vitamin, serat, vitamin, protein dan susu. Energen cereal memiliki berbagai
macam rasa seperti : rasa coklat, rasa vanilla, rasa kacang ijo dan rasa
jahe. Kandungan dalam energen cereal
adalah : seluruh nutrisi essential atau gizi utama yang dibutuhkan tubuh, susu
full cream dengan segala manfaat dan nutrisi susu yang baik untuk pertumbuhan
anak dan kesehatan, gandum pilihan yang berkualitas yang memberikan energi,
sereal yang mengandung serat, gizi dan energi serta kacang hijau alami yang
memiliki banyak nutrisi (vitamin B kompleks, serat, vitamin E). Disini penulis
melihat bahwa ini memiliki relevansi dengan promosi terutama dikaitkan dengan
penjualan produk energen cereal.
Dengan adanya
fakta-fakta tersebut maka produk energen cereal yang diproduksi PT Mayora Indah
sebaiknya perlu membuat strategi-strategi baru guna mencapai sasaran konsumen,
salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah
dengan kegiatan promosi.
Berdasarkan
latar belakang tersebut, maka penulis mencoba untuk mengangkat tema promosi
sebagai bahan penulisan dalam skripsi ini dengan judul “PENGARUH PROMOSI PENJUALAN BERUPA TRADE PROMO (TARGET VOLUME PENJUALAN
SELECTIVE OUTLET GROSIR PARRETO) DAN CONSUMER PROMO (SAMPLING) TERHADAP
PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK ENERGEN CEREAL DI DAERAH TANGERANG.”
Rumusan Masalah
Berdasarkan dengan latar belakang yang telah dijelaskan
sebelumnya, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah : “Apakah ada
pengaruh antara pengaruh promosi penjualan berupa trade promo dan consumer
promo terhadap peningkatan penjualan produk energen cereal di daerah
Tangerang?”
Batasan Masalah
Pada penelitian ini
peneliti hanya membahas masalah pada biaya biaya promosi berupa trade promo dan
consumer promo yang dikeluarkan dan pengaruhnya serta hubungannya terhadap
hasil penjualan produk energen cereal yang berlokasi di Tangerang. Dan karena
keterbatasan dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan biaya promosi dan
penjualan pada
Tujuan Penelitian
Tujuan diadakannya
penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh biaya promosi : trade promo
dan consumer promo terhadap hasil penjualan produk energen cereal.
Hipotesis Penelitian
Dari perumusan masalah, maka dapat dirumuskan hipotesis
dalam penulisan skripsi ini adalah: “dengan
dilakukannya program target volume selective outlet grosir parreto dan sampling
berpengaruh terhadap hasil penjualan perusahaan.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar