Rabu, 05 Juni 2013

Contoh Proposal III


ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK PERIODE TAHUN 2008 – 2012

PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan pasti menginginkan laba yang maksimal. Untuk mendapatkan laba perusahaan harus mengupayakan agar pendapatan berada diatas biaya. Hal ini mengharuskan perusahaan untuk berproduksi dalam kapasitas yang maksimum. Salah satu faktor yang memepengaruhi jumlah produksi adalah modal kerja.
Modal kerja dibutuhkan untuk dapat menjalankan operasional sehari-hari, misalnya digunakan untuk uang muka pembelian bahan baku, membayar upah karyawan, gaji karyawan dan keperluan lainnya, dimana uang atau jasa yang telah dikeluarkan itu diharapkan dapat kembali lagi masuk kedalam perusahaan dalam waktu yang singkat melalui hasil penjualan produksinya. Uang yang masuk, yang berasal dari penjualan produk tersebut akan segera dikeluarkan lagi untuk membiayai operasi selanjutnya. Dengan demikian, maka dana tersebut akan terus-menerus berputar setiap periodenya selama hidupnya perusahaan.
Untuk melihat kondisi dan perkembangan keuangan suatu perusahaan, biasanya pimpinan perusahaan menyusun laporan keuangan yang menggambarkan kejadian atau segala transaksi yang terjadi diperusahaan yang kemudian digunakan untuk menginterpretasikan atau menganalisis terhadap data keuangan perusahaan tersebut. Laporan keuangan perusahaan sangat bermanfaat bagi penganalisa untuk mengetahui kondisi dan perkembangan keuangan perusahaan yang bersangkutan.
Salah satu analisis laporan keuangan adalah analisis sumber dan penggunaan modal kerja yaitu suatu analisis tentang darimana sumber dan penggunaan modal kerja dalam suatu perusahaan. Modal kerja merupakan dana yang harus tersedia dalam perusahaan yang dapat digunakan untuk membelanjai kegiatan operasinya sehari-hari. Dari laporan sumber dan keuangan inilah yang akan membantu manajer keuangan dalam melaksanakan kegiatan perusahaan dalam hal menentukan jumlah dana yang harus tersedia dan untuk melihat sumber dana yang diperoleh.
Modal kerja yang akan digunakan sebaiknya dalam jumlah yang cukup agar dapat memberikan keuntungan yang maksimal sehingga suatu perusahaan biasa beroperasi secara ekonomis dan juga modal kerja yang cukup dapat menekan biaya perusahaan menjadi rendah, menunjang segala kegiatan operasi perusahaan secara teratur.
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk merupakan salah satu perusahaan milik negara yang terus berkmbang di Industri telekomunikasi dalam negeri maupun tingkat global. Telkom indonesia melakukan transformasi secara fundamental dan menyeluruh di seluruh lini bisnis yang mencakup transformasi bisnis, infrastruktur dan sistem, organisasi dan sumber daya msnusia, serta transformasi budaya. Telkom mengalami perubahan modal kerja setiap tahunnya yaitu mengalami perubahan modal kerja pada tahun 2008 – 2012. Hal tersebut mendorong penulis untuk menelusuri lebih dalam mengenai bagaimana PT. Telekomunikasi Indnesia, Tbk mengelola modal kerjanya.
     Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, penulis menyusun penulisan ilmiah ini dengan mengambil judul “ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK PERIODE TAHUN 2008 – 2012”.

1.2.       Rumusan dan Batasan Masalah

1.2.1.      Rumusan Masalah
Berdasarkan judul dan latar belakang di atas maka rumusan masalah penulisan ilmiah ini adalah :
1.           Berapakah jumlah sumber dan penggunaan modal kerja yang dimiliki PT. Telekomunikasi Indnesia, Tbk  pada tahun 2008 – 2012?
2.             Berapakah nilai kenaikan atau penurunan modal kerja PT. Telekomunikasi Indnesia, Tbk pada tahun 2008 – 2012?
3.        Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perubahan modal kerja PT. Telekomunikasi Indnesia, Tbk pada tahun 2008 – 2012?

1.2.2.      Batasan Masalah

Ruang lingkup batasan masalah penulisan ini mencakup dua sudut pandang, yaitu menganalisa kinerja keuangan melalui laporan sumber dan penggunaan modal kerja, serta menganalisa melalui rasio likuiditas. Laporan keuangan yang dianalisa adalah laporan keuangan PT. Telekomunikasi Indnesia, Tbk pada periode 2008-2012.

1.3.       Tujuan Penelitian
Tujuan dasar penulisan ilmiah ini adalah :
1.             Untuk mengetahui besarnya sumber dan penggunaan modal kerja PT. Telekomunikasi Indnesia, Tbk pada tahun 2008 – 2012.
2.             Untuk mengetahui besarnya nilai kenaikan atau penurunan modal kerja pada PT. Telekomunikasi Indnesia, Tbk pada tahun 2008 – 2012.
3.             Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan modal kerja PT. Telekomunikasi Indnesia, Tbk pada tahun 2008 – 2012.

1.4         Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan oleh penulis dalam penulisan ilmiah ini adalah:

1.             Manfaat akademik

Hasil dari penulisan ilmiah ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi penulis khususnya dan teman-teman umumnya tentang sumber dan penggunaan modal kerja, agar dapat dijadikan sebagai sumber bagi penelitian sejenis dimasa mendatang. Serta dapat menggunakan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh, khususnya dalam bidang akuntansi.

2.             Manfaat praktisi

Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan modal kerja yang tepat bagi perusahaan, agar pengelolaan sumber dan penggunaan modal kerja pada masa mendatang akan lebih baik, serta dapat memberi masukan bagi perusahaan dalam melaksanakan kegiatan selanjutnya khususnya terhadap pemanfaatan modal kerja secara optimal.

1.5.       Metodologi Penelitian

Pada bagian ini akan dibahas mengenai garis besar metode penelitian yang penulis lakukan, yakni terdiri dari :

1.             Objek penelitian

Dalam penelitian ini penulis mengambil objek dari :
Perusahaan :    PT. TELEKOMUNIKASI INDNESIA, TBK
Alamat       :    Jl. Japati no 1-Bandung 40133
Telepon      :    (62-22) 452 7101
Fax             :    (62-22) 424 0313
Website      :    www.telkom.co.id

2.             Data atau variable yang digunakan

Data yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah Laporan keuangan Neraca PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk peride tahun 2008 – 2012.

3.             Metode pengumpulan data
Di dalam penyusunan Penulisan Ilmiah ini di gunakan beberapa metode pengumpulan data, antara lain :
a.             Studi pustaka
Penulis mencari referensi dari buku-buku yang diperlukan dengan mempelajari buku dan bacaan lainnya serta literature yang berhubungan dengan pembahasan masalah yang akan dibahas dalam penulisan ilmiah ini.

b.             Studi lapangan
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder atau pengumpulan data yang didapat secara tidak langsung dari perusahaan yang diperoleh dengan cara printing dokumen arsip perusahaan yang diperoleh dari website www.telkom.co.id

4.             Alat analisis yang digunakan

Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu laporan sumber dan penggunaan modal kerja. Kemudian menguraikan keadaan atau kondisi konkrit atau kondisi yang sebenarnya pada perusahaan dan dianalisis dengan menggunakan teori yang mendukung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar