Rabu, 05 Juni 2013

Contoh Proposal II

PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP FINANCIAL LEVERAGE PADA PT. ANEKA TAMBANG, TBK TAHUN 2008-2012

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Masalah
Perusahaan akan selalu mencari peluang untuk dapat mengembangkan usahanya atau bertahan dalam berbagai macam situasi ekonomi. Untuk memperoleh peluang tersebut perusahaan perlu memperhatikan seluruh aspek ekonomi yakni kondisi keuangan perusahaan dan kondisi ekonomi global. Untuk dapat bertahan di tengah pesatnya persaingan usaha di era globalisasi seperti saat ini, perusahaan harus selalu menciptakan inovasi-inovasi di tiap unit usaha, sehingga dapat dicapai tujuan perusahaan.
Setiap perusahaan membutuhkan dana dalam membiayai kegiatan operasionalnya, dana tersebut dapat diperoleh dari beberapa sumber, pertama berasal dari dalam perusahaan yakni modal pemilik, maupun laba ditahan (retained earning). Sedangkan sumber pembiayaan yang lain, berasal dari luar yakni dalam bentuk pinjaman (hutang) dari kreditur. Jika perusahaan memperoleh modal dari pinjaman maka perusahaan tersebut telah melakukan leverage. Financial leverage dapat diartikan sebagai kemampuan perusahaan untuk menggunakan dana pinjaman yang mempunyai beban tetap akan tetapi dengan tujuan memperbesar tingkat penghasilan.
Financial leverage sangat berkaitan erat dengan penciptaan suatu struktur, dan selanjutnya dapat mempengaruhi kemampuan suatu perusahaan  untuk membuat berbagai pilihan strategi. Struktur modal yang tepat adalah sebagai suatu keputusan kritis untuk berbagai organisasi bisnis. Selain keputusan tersebut adalah penting karena adanya kebutuhan untuk memaksimumkan keuntungan pada suatu kemampuan perusahaan untuk dapat bertahan dengan lingkungan bersaingnya (Andhi Wijayanto,2009).
Semakin besar utang maka financial leverage-nya juga akan semakin  besar. Berarti resiko yang dihadapi perusahaan akan semakin besar karena utangnya tersebut, seperti resiko tidak terbayarnya pinjaman tersebut. Financial leverage dianggap menguntungkan apabila laba yang diperoleh lebih besar dari pada beban tetap yang timbul akibat penggunaan utang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun penggunaan modal pinjaman menimbulkan resiko, namun dapat meningkatkan Return On Investment (ROI), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS).
Return On Investment (ROI), rasio ini menunjukkan kemampuan dana yang ditanamkan untuk menghasilkan laba bersih. Semakin tinggi rasio ini menunjukkan semakin efisien dana yang ditanamkan. Selain itu para investor juga akan melihat dari sisi pengembalian modalnya yakni Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share dari perusahaan  tersebut. Semakin tinggi tingkat ROE dan EPS, semakin tinggi pula tingkat kepercayaan investor terhadap perusahaan untuk mendapatkan laba yang besar dari beban tetap yang harus ditenggung perusahaan, begitu pula sebaliknya.
Berdasarkan penjelasan diatas penulis ingin melakukan  penelitian dengan judul “PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP FINANCIAL LEVERAGE PADA PT. ANEKA TAMBANG, TBK TAHUN 2008-2012.”

1.2.            Rumusan Masalah
Adapun masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah hubungan antara ROI, ROE dan EPS dengan financial leverage. Adapun masalah yang akan di ambil dalam penelitian ilmiah ini yaitu sebagai berikut :
  1. Bagaimana pengaruh Return On Investment (ROI) terhadap financial leverage pada PT. Aneka Tambang, Tbk. 
  2. Bagaimana pengaruh Return On Equity (ROE) terhadap financial leverage pada PT. Aneka Tambang, Tbk. 
  3. Bagaimana pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap financial leverage pada PT. Aneka Tambang, Tbk

1.3       Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian untuk penulisan ilmiah ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui :
  1. Pengaruh Return On Investment (ROI) terhadap financial leverage pada PT. Aneka Tambang, Tbk. 
  2. Pengaruh Return On Equity (ROE) terhadap financial leverage pada PT. Aneka Tambang, Tbk.
  3. Pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap financial leverage pada PT. Aneka Tambang, Tbk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar