PENGARUH BRAND CHARACTERISTIC,
COMPANY
CHARACTERISTIC DAN CONSUMER – BRAND
CHARACTERISTIC TERHADAP LOYALITAS MEREK PRODUK DETERGEN RINSO
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Persaingan yang semakin meningkat di dunia usaha sekarang ini, baik perusahaan di bidang industri maupun jasa saat ini. Sangatlah menuntut dan mendorong perusahaan untuk lebih memfokuskan pada upaya untuk mempertahankan pelanggan. Mempertahankan loyalitas pelanggan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh perusahaan. Karena dengan hal inilah perusahaan dapat mempertahnkan eksistensinya pula di dunia usaha.
Loyalitas pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan pemasar dalam sebuah industri, oleh karena itu pemasar harus memberikan perhatian lebih pada pelanggan demi kelangsungan hidup perusahaan di tengah persaingan yang semakin ketat dan banyaknya bermunculan produk-produk baru (Friday, 2010). Persoalan merek menjadi salah satu persoalan yang harus dipantau secara terus menerus oleh setiap perusahan. Merek-merek yang kuat, teruji, dan bernilai tinggi terbukti tidak hanya sukses mengalahkan hitung-hitungan rasional, tetapi juga canggih mengelola sisi-sisi emosional konsumen (Riana, 2008).
Menurut Kotler (2000), merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari hal-hal tersebut, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang atau kelompok penjual dan untuk membedakannya dari produk pesaing.
Pada dasarnya mempertahankan loyalitas merek merupakan hal yang lebih efektif dibandingkan dengan melakukan penarikan pelanggan baru. Oleh karena itu jika sebuah merek dapat mempertahankan loyalitasnya maka konsumen secara langsung akan menjadi loyal kepada merek tersebut. Kepercayaan terhadap merek adalah kemauan konsumen mempercayai merek dengan segala resikonya karena adanya harapan yang dijanjikan oleh merek dalam memberikan hasil yang positif bagi konsumen (Lau dan Lee, 1999).
Rinso merupakan salah satu produk detergen terbesar di Indonesia, dan tentu Rinso tidak menghendaki para pelanggannya beralih ke produk lain. Oleh sebab itu, tuntutan untuk selalu menjadi yang terbaik harus menjadi komitmen organisasi agar para pengguna detergen masih tetap setia untuk selalu menggunakan detergen Rinso. Karena kesetiaan pelanggan tidak dapat begitu saja diraih, tetapi memerlukan proses panjang untuk meyakinkan bahwa Rinso merupakan detergen terbaik.
Setiap pelanggan yang sudah setia pada sebuah merek maka ia akan percaya pada
keunggulan merek tersebut dan tentunya tidak akan beralih pada merek lain,
dengan kata lain kepercayaan merek akan menimbulkan kesetiaan merek. Terdapat
tiga faktor yang mempengaruhi kepercayaan merek (trust in brand).
Ketiga faktor ini berhubungan antara merek dan konsumen. Adapun ketiga faktor
tersebut adalah merek itu sendiri, perusahaan pembuat merek, dan konsumen-
merek (Lau and Lee, 2000).
Dengan latar belakang masalah
tersebut maka penulis dalam penelitian ini memberi judul “ Pengaruh Brand Characteristic,
Company
Characteristic dan Consumer – Brand
Characteristic terhadap Loyalitas Merek Produk Detergen Rinso ”.
Rumusan Masalah
Berdasarkan dengan latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, maka
rumusan masalah dari penelitian ini adalah : “Analisis Pengaruh Brand Characteristic, Company Characteristic, dan Consumer-brand Characteristic Terhadap Loyalitas Merek Produk Detergen Rinso”.
Batasan Masalah
Ruang lingkup penelitian ini hanya
terbatas pada masalah mengenai Pengaruh brand characteristic, company characteristic, dan consumer-brand characteristic terhadap loyalitas merek produk detergen Rinso.
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan yang telah
dirumuskan, tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:
- Untuk menganalisis pengaruh secara bersama-sama variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer-brand characteristic terhadap loyalitas merek produk detergen Rinso.
- Untuk menganalisis pengaruh secara parsial variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer-brand characteristic terhadap loyalitas merek produk detergen Rinso.
- Untuk mengidentifikasi variabel yang paling dominan dalam memengaruhi loyalitas merek produk detergen Rinso.
Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari
hasil penelitian ini adalah :
1. Manfaat teoriti
a. Bagi pembaca, penelitian ini bermanfaat untuk menambah
pengetahuan mengenai bagaimana pengaruh kepercayaan merek terhadap kesetiaan
merek.
b. Bagi peneliti, sebagai latihan pengembangan kemampuan
dan penerapan teori yang diperoleh dalam perkuliahan
2. Manfaat Praktis
Diharapkan dapat bermanfaat bagi
perusahaan untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya kepercayaan merek terhadap
kesetiaan merek. Sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi kinerja. Penelitian
ini dapat juga memberikan referensi dalam mengelola perusahaan agar dapat
menjadi lebih baik lagi.
Perumusan Hipotesa
Hipotesis yang diajukan
sebagai jawaban sementara terhadap permasalahan yang diajukan dalam penelitian
ini adalah sebagai berikut.
H1 : Brand characteristic,
company characteristic dan consumer–brand
characteristic secara bersama–sama berpengaruh terhadap loyalitas merek.
H2 : Brand characteristic,
company characteristic dan consumer–brand
characteristic secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas merek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar