Di
zaman modern ini segala kreatifitas menjadi harta yang tidak ternilai.
Hal ini mendorong manusisa untuk mencari dan menemukan hal-hal baru yang
dapat digunakan oleh manusia. Begitu juga dalam dunia bisnis, semakin
hari semakin banyak saja hal-hal yang dilakukan oleh manusia untuk dapat
mengembangkan bisnisnya. Mereka semakin terbantu dengan berkembangnya
teknologi diseluruh nusantara. Kemunculan era digital senantiasa merubah
perilaku konsumen dalam hal pemilihan produk-produk yang akan mereka
konsumsi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat mengubah
sikap dan daya tarik konsumen terhadap suatu produk, namun hal ini tidak
sepenuhnya dapat mempengaruhi perilaku konsumen, karena teknologi tidak
dapat mengubah karakteristik dan sifat otentik manusia. Hal ini
berkaitan dengan keinganan dan emosional manusia itu sendiri yang
sebenarnya menjadi pendorong utama sebagai pertimbangan membeli suatu
produk. Oleh karena itu, mereka berpikir keras untuk menemukan cara
bagaimana memperlancar pemasaran produk mereka dengan memanfaatkan
teknologi yang semakin berkembang.
Strategi
pemasaran dan iklan ikut berperan besar dalam menentukan suatu bisnis
sukses atau gagal dalam menghadapi pasar. Untuk mendapatkan eksposur
yang besar beberapa perusahaan dapat menghabiskan dana hingga ratusan
juta. Tetapi mengingat kondisi perekonomian yang fluktuatif dan sulit
ditebak, sangat masuk akal bila budget promosi harus disusun secara
cerdas dan seefisien mungkin. Banyak cara untuk melakukan penghematan
biaya promosi, mulai dari mengadakan sayembara, kuis, event, atau kerja
sama dengan pihak lain seperti bank. Salah satu contoh strategi
pemasaran yang muncul akibat hal tersebut diatas adalah Evoucher, yaitu
strategi pemasaran yang baru melalui dayli deal yang dianggap efektif
jika diaplikasikan di era digital seperti sekarang ini. Dengan kekuatan
sosial media yang dimiliki website seperti eVoucher, promosi jadi lebih
tepat sasaran karena menggunakan media yang sangat dekat dengan
kehidupan sehari-hari customer seperti fb dan twitter serta media online
lainnya. Yang paling menarik adalah promosi ini tanpa biaya dimuka.
Sistem cerdas diterapkan oleh eVoucher, dimana komisi penjualan
dibayarkan setelah mencapai kuota dasar penjualan atau yang mereka sebut
dengan "Deal is On". Dengan Indonesia
yang mulai semakin serba online, strategi pemasaran ini tampaknya akan
menjadi terus menjadi trend. Strategi baru ini tampaknya cukup baik dan
dapat menjadi pilihan bagi para pengusaha untuk bisnis mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar