Rabu, 23 Mei 2012

Pendapat mengenai perilaku konsumen

Di zaman modern ini segala kreatifitas menjadi harta yang tidak ternilai. Hal ini mendorong manusisa untuk mencari dan menemukan hal-hal baru yang dapat digunakan oleh manusia. Begitu juga dalam dunia bisnis, semakin hari semakin banyak saja hal-hal yang dilakukan oleh manusia untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Mereka semakin terbantu dengan berkembangnya teknologi diseluruh nusantara. Kemunculan era digital senantiasa merubah perilaku konsumen dalam hal pemilihan produk-produk yang akan mereka konsumsi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat mengubah sikap dan daya tarik konsumen terhadap suatu produk, namun hal ini tidak sepenuhnya dapat mempengaruhi perilaku konsumen, karena teknologi tidak dapat mengubah karakteristik dan sifat otentik manusia. Hal ini berkaitan dengan keinganan dan emosional manusia itu sendiri yang sebenarnya menjadi pendorong utama sebagai pertimbangan membeli suatu produk. Oleh karena itu, mereka berpikir keras untuk menemukan cara bagaimana memperlancar pemasaran produk mereka dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang.
Strategi pemasaran dan iklan ikut berperan besar dalam menentukan suatu bisnis sukses atau gagal dalam menghadapi pasar. Untuk mendapatkan eksposur yang besar beberapa perusahaan dapat menghabiskan dana hingga ratusan juta. Tetapi mengingat kondisi perekonomian yang fluktuatif dan sulit ditebak, sangat masuk akal bila budget promosi harus disusun secara cerdas dan seefisien mungkin. Banyak cara untuk melakukan penghematan biaya promosi, mulai dari mengadakan sayembara, kuis, event, atau kerja sama dengan pihak lain seperti bank. Salah satu contoh strategi pemasaran yang muncul akibat hal tersebut diatas adalah Evoucher, yaitu strategi pemasaran yang baru melalui dayli deal yang dianggap efektif jika diaplikasikan di era digital seperti sekarang ini. Dengan kekuatan sosial media yang dimiliki website seperti eVoucher, promosi jadi lebih tepat sasaran karena menggunakan media yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari customer seperti fb dan twitter serta media online lainnya. Yang paling menarik adalah promosi ini tanpa biaya dimuka. Sistem cerdas diterapkan oleh eVoucher, dimana komisi penjualan dibayarkan setelah mencapai kuota dasar penjualan atau yang mereka sebut dengan "Deal is On". Dengan Indonesia yang mulai semakin serba online, strategi pemasaran ini tampaknya akan menjadi terus menjadi trend. Strategi baru ini tampaknya cukup baik dan dapat menjadi pilihan bagi para pengusaha untuk bisnis mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar