Rabu, 03 November 2010

MANUSIA DAN PENDERITAAN

           Manusia tidak pernah lepas dari masalah, mulai dari masalah ekonomi, masalah rumah tangga, masalah dengan orang-orang disekitarnya sampai masalah yang ditimbulkan oleh alam. Semua masalah dengan dengan dampak masalah masing-masing, mulai dari berdampak ringan sampai berat yang dapat membuat seseorang stres. Semua masalah ini berakhir pada penderitaan.
          Kita ketahui akhir-akhir ini indonesia sedang di landa masalah yang berat yang banyak menimbulkan kerugian dan penderitaan, yakni gempa di Wasior, Gunung meletus di Yogyakarta, serta Tsunami di Mentawai dan dikabarkannya banyak gunung merapi di Indonesia yang sedang aktif. Penderitaan sepertinya tidak pernah berhenti menghampiri Indonesia. Berbagai peristiwa menghampiri dan membuat banak orang dan membuat banyak orang menderita, mereka menangis karena ditinggalkan orang-orang yang dikasihi, kedinginan karena rumahnya di hempas oleh badai Tsunami, sakit penyakit yang banyak ditimulkan oleh bencana alam, kehilangan rumah karena ambruk, sehingga penderitaan yang berkepanjangan harus dirasakan oleh manusia. Sepertinya penderitaan tidak pernah bosan menghapiri manusia.

EFEK YANG DITIMBULKAN OLEH BENCANA

          Banyak dampak yang ditimbulkan oleh bencana-bencana tersebut diatas. akan tetapi saya akan mnjelaskan tentang efek dari kejadian Tsunami di mentawai.
  • Banyaknya orang kehilangan orang-orang terkasih adalh salah satu efek dari kejadian tersebut, mereka berusaha menyelamatkan diri masing-masing tanpa mengetahui dimana sanak saudara.
  • Kehilanhgan harta benda, ketika tsunami terjadi tidak satu orangpun akan memperdulikan harta benda, bahkan tsunami di mentawai dengan skala yang besar dapat menyeret sebagian harta benda oarang-orang mentawai
  • kehilangan rumah, ini bisa diakibatkan gempa ataupun diseret oleh gelombang tsunami.
  • Tsunami ini juga menimbulkan banyaknya panderitaan penyakit pada balita dll
  • akibat yang berkelanjutan dari bencana ini adalah bertambahnya kemiskinan di Indonesia, serta kesusahan dan penderitaan.
BAGAIMANA KITA MENYIKAPI BENCANA INI

        Semua bencana yang terjadi ini bukanlah keinginan kita, apalagi keinginan korban bencana, kita tidak berkuasa menolak bencana, semua terjadi atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Bagi kita yang tidak tertimpa bencana ini juga tidak boleh menngatakan bahwa mereka yang terkena bencana adalah mereka yang melakukan dosa atau karena kebanyakan dari mereka adalah agama tertentu. Menurut saya bencana ini bukan hukuman melainkan isyarat agar kita semua lebih mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa dan kita lebih memperbaiki diri mulai dari terjadinya bencana ini dan kita harus mencintai dan memelihara alam yang dipercayakan Tuhan kepada kita.


APA YANG HARUS KITA LAKUKAN

       Sebagai bangsa yang bersatu sudah seharusnya kita saling membantu.Kita dapat membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana, mulai dari membantu dengan doa hingga membantu meringankan beban mereka dengan menyumbangkan sejumlah uang, makanan, pakaian dan apapun yang bisa kita lakukan walau sedikit namun itu sangat berarti bagi mereka.Hal ini adalah bantuan dalam jangka pendek, selanjutnya kita harus lebih mencintai alam ini. menjaga hutan, menjaga kebersihan lingkungan dan menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar