Rabu, 20 Oktober 2010

Manusia Dan Kebudayaan

                                  MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


Manusia

Adapun hal yang terlintas dipikiran ketika mendengar kata manusia adalah laki-laki dan perempuan. Mereka adalah Ciptaan Tuhan yang paling mulia dibandingkan dengan ciptaan yang lainnya. Mengapa? karena beberapa hal yakni sebagai berikut :
  • Kepada manusia nafas khidupan dihembuskan sendiri oleh Tuhan
  • Kepada manusia diberkahi dengan roh, akal (pikiran) serta rupa yang lebih baik dibandingkan dengan makhluk lainnya
  • Kepada manusia diberikan kuasa oleh Tuhan atas bumi dan segala isinya.
Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang-oarang disekitarnya, yakni sebagai teman, tetangga, serta pasangan hidup.Kehidupan manusia sangatlah komplek, begitu pula hubungan yang terjadi pada manusia sangatlah luas. Hubungan tersebut dapat terjadi antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam, manusia dengan makhluk hidup yang ada di alam, dan manusia dengan Sang Pencipta. Setiap hubungan tersebut sebaiknya haruslah berjalan secara seimbang. Secara bahasa manusia berasal dari kata "manu"(berasal dari bahasa sansekerta), "mens"(bahasa latin) yang berarti berpikir dan mampu menguasai makhluk lain. secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan uatau realitas sebuah kelompok (genus), ataupun seorang individu.

Manusia dilahirkan dengan karakter yang berbeda-beda, ada yang baik dan ada pula yang buruk. Mungkin yang sering kita temui pada akhir-akhir ini adalah hal-hal yang buruk. Misalnya kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang tertentu, seperti koruptor, terorist dll. namun disamping itu ada juga diantaranya yang baik yang perduli dengan orang-orang disekitarnya bahkan mau membantu memberantas kejahatan tersebut diatas.


Budaya


Budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Namun pada saat ini budaya dapat didefenisikan sebagi suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Contoh yang paling nyata yang dapat kita lihat adalah dalam hal berbahasa antara budaya yang satu dengan yang lainnya. Indonesia terkenal dengan kekayaan budayanya, hal ini dikarenakan oleh banyaknya suku-suku di Indonesia, hal ini membuat banyak bahasa serta hal-hal lain yang berbeda-beda ditengah-tengah satu bangsa di Indonesia contohnya, antara suku batak dengan suku sunda nampak jelas perbedaan bahasanya, cara berpakainnya, adat istiadatnya, pakainnya bangunan, karya seni dan masih banyak lagi. Jika Indonesia tidak mempunyai bahasa kesatuan dalm hal ini bahasa indonesia, maka sulit untuk melakukan komunikasi yang baik.Bahasa sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari manusia sehingga banyak orang menganggapnya diwariskan dari generasi ke generasi. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Dari hal-hal diatas dapat disimpulkan bahwa budaya adalh suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri.

Hubungan Kebudayaan dengan Masyarakat

Dari istilah Cultural-determinism, Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat, seperti kita lihat bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakt itu sendiri. Berikut adalah pandangan tokoh-tokoh lainnya tentang kebudayaan:
  • Herskovits mengatakan bahwa kebudayaan adalah sebagai sesuatu yang tutrun temurun dari generasi ke generasi lain, yang kemudian disebut sebagai "superoganic"
  • Andreas Eppink,"Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluhuran struktur-struktur sosial, religius dan lain-lain serta segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat"
  • Edward Burnett Tylor, "kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat"
  • Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi," Kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat"

Dari berbagai pandangan tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa kebudayaan adalah sesuatu yang mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide yang terdapat dal;am pikiran manusia,sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak.sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai manusia berbudaya berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
Kebudayaan mempunyai beberapa unsur yakni:

  • Menurut Melville J. Herskovits bahwa kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
    • alat-alat teknologi
    • sistem ekonomi
    • keluarga
    • kekuasaan politik
  • Menurut Bronislaw Malinowski ada 4 unsur pokok yang meliputi :
    • sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
    • organisasi ekonomi
    • alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
    • organisasi kekuatan (politik)
  •  
     
    KEBUDAYAAN MENURUT WILAYAH
Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, hubungan dan saling keterkaitan kebudayaan-kebudayaan di dunia saat ini sangat tinggi. Selain kemajuan teknologi dan informasi, hal tersebut juga dipengaruhi oleh faktor ekonomi, migrasi dan agama.
Afrika
Beberapa kebudayaan di benua Afrika terbentuk melalui penjajahan Eropa, seperti kebudayaan Sub-Sahara. Sementara itu, wilayah Afrika Utara lebih banyak terpengaruh oleh kebudayaan Arab dan islam.
Asia
Asia memiliki berbagai kebudayaan yang berbeda satu sama lain, meskipun begitu, beberapa dari kebudayaan tersebut memiliki pengaruh yang menonjol terhadap kebudayaan lain, seperti misalnya pengaruh kebudayaan Tiongkok kepada kebudayaan Jepang, Korea, dan Vietnam. Dalam bidang agama, agama Buddha dan Taoisme banyak mempengaruhi kebudayaan di Asia Timur. Selain kedua Agama tersebut,norma dan nilai Agama islam juga turut mempengaruhi kebudayaan terutama di wilayah Asia selatan dan Tenggara.
Australia
Kebanyakan budaya di Australia masa kini berakar dari kebudayaan Eropa dan Amerika. Kebudayaan Eropa dan Amerika tersebut kemudian dikembangkan dan disesuaikan dengan lingkungan benua Australia, serta diintegrasikan dengan kebudayaan penduduk asli benua Australia, Aborigin.
Eropa
Kebudayaan Eropa banyak terpengaruh oleh kebudayaan negara-negara yang pernah dijajahnya. Kebudayaan ini dikenal juga dengan sebutan kebudayaan barat. Kebudayaan ini telah diserap oleh banyak kebudayaan, hal ini terbukti dengan banyaknya pengguna bahasa Inggris dan bahasa Eropa lainnya di seluruh dunia. Selain dipengaruhi oleh kebudayaan negara yang pernah dijajah, kebudayaan ini juga dipengaruhi oleh kebudayaan Yunani kuno, Romawi kuno, dan agama Kristen, meskipun kepercayaan akan agama banyak mengalami kemunduran beberapa tahun ini.
Timur Tengah dan Afrika Utara
Kebudayaan didaerah Timur tengah dan Afrika Utara saat ini kebanyakan sangat dipengaruhi oleh nilai dan norma agama Islam, meskipun tidak hanya agama Islam yang berkembang di daerah ini.

Amerika

Kebudayaan di benua Amerika dipengaruhi oleh suku-suku dibenua Amerika, Orang-orang dari afrika (terutama di Amerika Serikat), dan para imigran Eropa terutama Spanyol, Inggris, Perancis, Portugis, Jerman dan Belanda.




Referensi :
  • Wikipedia.com
  • Arikaka.com
  • Komopas.com












     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar