Sabtu, 06 Oktober 2012

Belanja Sistem Online

Semakin banyak kreatif yang diciptakan oleh manusia di zaman modern ini. Setiap kreatif yang diminati oleh masyarakat akan menghasilkan nilai ekonomi. Dari hal tersebut banyak orang menciptakan sebuah kreatif guna agar dilirik oleh masyarakat. Begitu juga dengan cara-cara orang dalam berbisnis, seorang pebisnis akan mencari tahu kebutuhan calon konsumennya. Pebisnis melakukan banyak inovasi guna menarik minat konsumen. Setiap saat ada saja kreatifitas para pebisnis yang tidak disangka-sangka, seperti yang berkembang saat ini, yakni penjulan barang dengan online atau sering disebut online shop.

Penjualan online adalah bentuk paling awal dari e-commerce. Istilah toko online pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir setiap hari forum kita selalu menjumpai istilah yang populer juga disebut sebagai ecommerce, web store. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan toko online? Belanja online adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Melalui belanja lewat Internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan oleh penjual. Belanja daringadalah salah satu bentuk perdagangan elektronik yang digunakan untuk kegiatan transaksi penjual ke penjual ataupun penjual ke konsumen.

Cara belanja online

Dewasa ini, tata cara belanja online dapat dilakukan semakin mudah. Ketika pembeli tertarik dengan barang yang dituju, ia cukup melakukan panggilan telepon dengan sang penjual ataupun mengetikkan sms sesuai aturan. Setelah pesan diterima, pembeli biasanya diharuskan mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual dan barang yang dibeli pun akan dikirim baik melalui kurir (jika wilayah pengiriman masih cukup dekat) ataupun melalui jasa pos.
Pembayaran dapat dilakukan baik menggunakan kartu debit, kartu kredit, memotong pulsa pelanggan (untuk transaksi lewat HP), cek, maupun COD (Cash On Delivery) yaitu pembayaran yang dilakukan ketika barang telah dikirim oleh penjual. Cash On Delivery biasanya dilakukan melalui tatap muka antara penjual dan pembeli; penjual dapat menunjukkan barangnya sehingga pembeli yang tertarik bisa meneliti barang yang akan ia beli. Pembelian semacam ini biasanya melakukan pembayaran secara langsung/uang kontan. Selain tatap langsung antara penjual dan pembeli, COD ini bisa dilakukan antara kurir dan pembeli; biasanya penjual hanya akan melayani COD apabila daerah pembeli masih dapat dijangkau oleh penjual

Keuntungan belanja online;
Dari segi biaya dan waktu seorang pembeli akan sangat diuntungkan jika berbelanja dengan cara online, begitu juga dengan penjualnya, secara otomatis akan mengurangi biaya pemasaran mereka.

Kelemahan;
Belanja online rentan akan penipuan, oleh karena itu konsumen sering was-was dan ragu untuk melakukan transaksi secara online. Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang sangat dekat dengan kemajuan teknologi, kita harus tetap waspada dan cerdas dalam mengambil setiap keputusan pembelian kita. 

Sumber referensi:
Wikipedia
Shooving.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar