Minggu, 21 Juli 2013

Contoh Proposal VII

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MEMILIH WAZZAP MUSIC STUDIO

1.1  Latar Belakang Masalah

Musik merupakan Bahasa Universal. Hampir setiap orang menyukai musik, baik itu anak kecil, remaja, dewasa, ataupun kaum orang tua. Hidup tanpa musik terasa hampa, itu kata orang sekarang. Sampai dengan saat ini musik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang. Setiap orang pasti mempunyai hobi, dan musik menjadi salah satu hobi yang paling digemari. Seseorang yang menyukai musik terdiri dari dua  kriteria, yaitu Pertama, penggemar pasif yang hanya mendengarkan musik saja tanpa bisa memainkan alat atau musik tersebut. Kedua, penggemar aktif yang mendengarkan musik dan dapat memainkan alat atau musik tersebut.
Setiap orang yang menyukai musik dapat menyalurkan kegemaran dan bakatnya melalui alat musik, baik itu gitar, bass, drum, keyboard, ataupun alat musik lainnya. Mereka dapat memainkannya sendiri - sendiri ataupun dengan teman – teman dengan membentuk sebuah kelompok atau band. Tetapi apakah setiap orang mempunyai alat – alat musik sendiri yang komplit ? Tentu saja tidak, dikarenakan tingkat ekonomi setiap orang berbeda – beda. Bagi mereka penggemar musik yang tingkat ekonominya baik dapat memiliki alat – alat musik yang komplit dan berkualitas. Dan bagi mereka penggemar musik yang ekonominya kurang begitu baik tidak dapat memiliki alat musik. Studio Musik menjadi jawaban bagi mereka penggemar musik yang ekonominya kurang begitu baik yang tidak dapat memiliki alat – alat musik sendiri. Disini mereka dapat memainkan musik yang mereka gemari dengan hanya menyewanya baik untuk diri sendiri ataupun dengan teman bandnya.
Dan berbicara mengenai ekonomi baru sangatlah populer. Kita mendengar bahwa bisnis kini beroperasi dalam ekonomi global; bahwa pasar kita mengalami hiperkompetisi; bahwa teknologi baru yang mengejutkan menantang setiap bisnis; bahwa bisnis harus beradaptasi dengan konsumen yang terberdayakan. Dari sini kita harus melihat bahwa bisnis merupakan pekerjaan yang sangat menggiurkan dan tidak lupa juga sangat menantang. Mengapa dikatakan menantang? Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa perusahaan – perusahaan saat ini baik itu perusahaan besar ataupun kecil menghadapi era persaingan yang paling sengit. Perusahaan yang tidak ‘pintar’ akan cepat hancur atau gulung tikar menghadapi kondisi persaingan. Sebaliknya perusahaan yang ‘pintar’ akan cepat tanggap menghadapi keadaan demikian. Mereka akan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dengan terus meningkatkan hal – hal yang dianggap mereka perlu untuk ditingkatkan. Maka diperlukan alat pemecahan masalah untuk menghadapi keadaan seperti ini dan untuk meningkatkan laba perusahaannya. Untuk kegiatan usaha yang menghasilkan produk jasa, maka solusi yang mungkin harus dilakukan yaitu bagaimana perusahaan harus mencari tahu hal – hal apa saja yang membuat konsumen puas akan jasa yang ditawarkan perusahaan, sehingga akan menimbulkan kepercayaan dan memungkinkan mereka kembali menggunakan produk atau jasa perusahaan tersebut. 
Marketing Mix mempunyai pengaruh besar yang besar terhadap tindakan konsumen dalam membeli suatu produk atau jasa. Oleh karena itu perusahaan harus dapat menyesuaikan antara marketing mix dengan kebutuhan dan keinginan konsumen karena dengan memberikan kepuasan yang lebih pada konsumen disbanding para pesaing, maka perusahaan dapat menarik lebih banyak konsumen potensial bahkan bisa mempertahankan pelanggan. Dengan dapat menarik lebih banyak konsumen potensial, maka suatu perusahaan akan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam jangka waktu yang lama.
Industri rental alat – alat musik atau lebih dikenal dengan studio musik merupakan salah satu perusahaan kecil atau wirausaha yang saat ini sangat menjamur di  Indonesia. Di pelosok – pelosok daerah baik itu kota besar atau kecil banyak sekali berdiri studio musik. Wazzap Music Studio merupakan satu diantara banyaknya studio musik di Indonesia yang menjadi tempat bermain dan berlatih musik anak – anak muda di daerah Depok.
Berdasarkan uraian tersebut diatas maka penulis ingin mencoba membahas masalah ini sebagai objek dalam penulisan ilmiah ini, dengan judul : “FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MEMILIH WAZZAP MUSIC STUDIO”


1.2  Rumusan dan Batasan Masalah

Rumusan masalah : Dari  uraian yang telah dikemukakan sebelumnya maka penulis ingin mengangkat masalah mengenai faktor - faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen memilih Wazzap Music Studio sebagai tempat bermain musik?

Batasan masalah : Penelitian ini dibatasi pada faktor - faktor yang mempengaruhi  tingkat kepuasan konsumen memilih Wazzap Music Studio melalui penyebaran kuesioner yang dilakukan terhadap 100 responden dalam jangka waktu 2 minggu, yaitu tanggal 14 Mei – 27 Mei 2006.


1.3  Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen memilih Wazzap Music Studio sebagai tempat bermain musik.




1.4  Manfaat Penelitian

Manfaat Penelitian ini adalah :
1.      Bagi Perusahaan
a.       Untuk membantu studio – studio musik baik yang baru atau yang sudah bergerak di bidang ini untuk menentukan kebijakan yang baik dalam meningkatkan kepuasan konsumennya.
b.      Sebagai bahan masukan bagi Wazzap Music Studio dalam rangka melakukan evaluasi terhadap program pemasarannya sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan perusahaan dalam menentukan kebijaksanaan di masa yang akan datang.

2.      Bagi Penulis
Untuk menambah pengetahuan serta memperluas wawasan dan sebagai perbandingan teori yang di dapat dengan kenyataan yang terjadi dan berusaha mencari pemecahan secara ilmiah.

3.      Bagi Pihak Lain
Untuk memberikan masukan berupa informasi pada kalangan akademis sebagai dasar penelitian selanjutnya khususnya yang memiliki hubungan dengan penelitian penulis.


1.5  Metode Penelitian

1.5.1        Objek Penelitian

Penelitian ini dilakukan pada konsumen pemakai jasa rental studio musik yaitu mahasiswa dan pelajar pada Wazzap Music Studio di Depok, adapun alasan pengambilan obyek penelitian tersebut dikarenakan mahasiswa dan pelajar merupakan kelompok konsumen yang potensial dalam pemakaian jasa studio musik. Wazzap Music Studio terletak di Jl. Raya Margonda No. 80 Lt II Depok..

1.5.2        Data / Variabel

Untuk menghasilkan penelitian ini maka data yang diambil penulis adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari obyek yang diteliti, dalam hal ini data diperoleh dari hasil pengisian daftar pertanyaan (kuesioner) kepada subyek yang bersangkutan dalam penelitian, subyek penelitian tersebut adalah konsumen yang menyewa alat – alat musik di Wazzap Music Studio yang ditemui di lokasi penelitian.

Variabel dalam penelitian ini adalah dilihat dari 8 variabel yang terdiri dari harga, lokasi, kualitas dan kelengkapan alat musik, iklan dan promosi, personel pengelola, faktor fisik studio, atmosfer studio, dan pelayanan yang diberikan. Dengan indikator pada tabel 1.1 sebagai berikut:
                             
   Tabel 1.1
Operasional Variabel Penelitian

VARIABEL

DIMENSI

INDIKATOR








Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen memilih Wazzap Music Studio
1.      Harga




2.      Lokasi




3.      Kualitas dan kelengkapan alat musik



4.      Iklan dan promosi






5.      Personel pengelola





6.      Faktor fisik studio






7.      Atmosfer studio





8.      Pelayanan yang diberikan






a.       Harga sesuai dengan segmen pasar
b.      Potongan harga

c.       Lokasi yang strategis
d.      Transportasi yang menunjang

e.       Alat musik yang baik dan berkualitas
f.       Alat musik yang lengkap

g.       Informasi iklan yang dapat dipercaya
h.      Iklan dan promosi yang menarik

i.        Pengetahuan dan wawasan yang baik
j.        Keramahan dan kesopanan

k.      Tata letak barang dan alat musik yang teratur
l.        Dekorasi studio yang indah dan menarik

m.    Suasana studio yang bersahabat
n.      Tempat yang nyaman untuk berkumpul

o.      Kemudahan dalam memesan studio dan kecepatan dan ketepatan dalam menstel dan menyiapkan alat musik

p.      Diberikannya layanan dan fasilitas lain ketika menunggu


.
1.5.3    Metode Pengumpulan Data / Variabel
Cara pengumpulan data yang digunakan penulis untuk mendapatkan data / variabel dalam penulisan ini antara lain :

a.      Riset Lapangan ( Field Research )

1.      Kuesioner
Untuk memperoleh data primer maka metode pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner, yaitu pengumpulan data dengan menyusun daftar pertanyaan secara tertulis dimana pertanyaan tersebut akan disebarkan kepada para responden untuk memperoleh data serta tanggapan – tanggapan tentang fenomena yang dihadapi.

2.      Wawancara
Yaitu pengumpulan data dengan bertanya langsung kepada responden dan dengan pihak – pihak tertentu yang berhubungan langsung dengan pengumpulan data dalam penelitian ini, data tersebut yaitu mengenai nama responden, jenis kelamin, pekerjaan, dan lain – lain.


b.      Riset Perpustakaan
Yaitu menggali teori – teori yang telah berkembang dalam bidang ilmu yang berkepentingan, yang relevan dengan topik penelitian. Dalam studi kepustakaan ini penulis mencari metode – metode serta teknik penelitian, baik dalam mengumpulkan data atau dalam menganalisa data yang akan dipakai sebagai titik tolak pembahasan pada penelitian ini.

1.5.4    Alat analisis yang digunakan
Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yang tujuannya adalah membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki, dan variabel pengukurannya menggunakan skala likert.


Jumat, 19 Juli 2013

Contoh Proposan VI

STUDI KELAYAKAN USAHA UNTUK PENGEMBANGAN WARUNG INTERNET CV. LIMPAR 
 

1.1  Latar Belakang Masalah
      Pada saat ini kebutuhan masyarakat akan informasi sangat meningkat, untuk memenuhi kebutuhan ini diperlukan sarana – sarana yang memadai dalam rangka pengiriman dan penerimaan informasi yang baik terutama dalam pelayanan jasa telekomunikasi Untuk melihat kelayakan usaha tersebut dapat diketahui dari berbagai aspek-aspek yang harus diperhatikan oleh pemilik usaha tersebut, kita lihat satu persatu aspek-aspek tersebut yang pertama aspek pasar, apabila pasar atau konsumen yang akan menikmati produk jasa ini tidak begitu banyak berarti dilihat dari aspek pasar usaha ini tidak layak, yang kedua aspek teknis apabila tidak ada unsur-unsur teknis yang mendukung jalannya usaha ini tidak dapat berjalan dengan maksimal, aspek keuangan apakah modal yang diperlukan memenuhi target dan sumber-sumber dana yang ditaksirkan, aspek manajemen siapa yang melakukan masing-masing aspek tersebut, aspek hukum bagaimana bentuk legalitas perusahaan, apakah mempunyai izin usaha, aspek sosial bagaimana pengaruhnya kepada masyarakat sekitar proyek.
      Maka dari itu untuk mengetahui kelayakan usaha, maka penulis mencoba mengambil judul dari penelitian ini “ STUDI KELAYAKAN USAHA UNTUK PENGEMBANGAN WARUNG INTERNET CV. LIMPAR  “.

1.2 Rumusan Masalah
            Apakah usaha warung internet CV. Limpar layak untuk dikembangkan?

1.3 Batasan Masalah
            Dalam penulisan ini penulis membatasi masalah untuk proyek penambahan cabang warung internet CV.Limpar di Jl. KH. Mas Mansyur Tanah Abang, dengan menggunakan modal sendiri dan penilaian investasi menggunakan metode Payback Periode, NPV, IRR dan MIRR data yang diambil data pada tahun 2002.

1.4 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah investasi yang akan dilakukan dapat layak untuk direalisasikan atau tidak layak berdasarkan penilaian metode Payback Period, NPV, IRR dan MIRR.

1.5 Metodologi Penulisan
            Dalam pengumpulan data, keterangan dan informasi yang relevan, maka penulis melakukan riset dengan jalan :

1.      Penelitian di Perpustakan
Dilakukan dengan mencari datat-data yang diperlukan dan data lainnya sebagai landasan teoritis untuk menganalisa data yang diperoleh dilapangan.
2.      Penelitian di Lapangan
Penelitian ini dilakukan secara langsung terhadap obyeknya untuk mendapatkan data-data primer maupun data sekunder yang diperlukan untuk pembuatan Penelitian Ilmiah ini.